Kamis, 14 April 2011

AKUNTANSI KEPERILAKUAN

AKUNTANSI KEPERILAKUAN
Akuntansi keperilakuan sebenarnya merupakan bagian dari ilmu akuntansi yang perkembangannnya semakin meningkat dalam 25 tahun belakangan ini.  Seberapa canggihpun prosedur akuntansi yang ada, informasi yang dapat disediakan pada dasarnya bukanlah merupakan tujuan akhir. Tujuan informasi tersebut adalah memberikan petunjuk untuk memilih tindakan yang paling baik untuk mengalokasikan sumber daya yang langka pada aktivitas bisnis dan ekonomi. Namun, pemilihan dan penetapan keputusan tersebut melibatkan berbagai aspek termasuk perilaku dari para pengambil keputusan.
Dengan demikian akuntansi tidak dapat dilepaskan dari aspek perilaku manusia serta kebutuhan organisasi akan informasi akuntansi.  Kesempurnaan teknis tidak pernah mampu mencegah orang untuk mengetahui bahwa tujuan jasa akuntansi bukan hanya sekedar teknik yang didasarkan pada efektivitas dari segala prosedur akuntansi, melainkan bergantung pada bagaimana prilaku orang-orang di dalam organisasi.

Ruang Lingkup Akuntansi Keperilakuan
Akuntansi keperilakuan mempelajari hal-hal sebagai berikut :
·         Reaksi manusia terhadap format dan isi laporan keuangan.
·         Bagaimana informasi diproses untuk keperluan pengambilan keputusan.
·         Perkembangan teknik-teknik pelaporan untuk mengkomunikasikan data kepada pengguna.
·         Perkembangan strategi untuk memotivasi dan mempengaruhi perilaku, inspirasi, dan tujuan orang-orang menjalankan  organisasi.
·         Hal-hal yang mengaitkan akuntansi, manusia, organisasi, dan masyarakat.
Perkembangan Akuntansi Keperilakuan
Akuntansi keperilakuan mulai berkembang sejak professor Schuyler Dean Hollet dan Profesor Chris Argyris  melakukan penelitian pada tahun 1951 tentang “pengaruh anggaran pada orang” (The impact of budget on people). Penelitian tersebut disponsori oleh Controllership Foundation of Amerika. Sejak penelitian tersebut, topic-topik penelitian yang berhubungan dengan akuntansi dan manusia berkembang pesat.

Antara tahun 1960 sampai 1980an artikel yang berkaitan dengan akuntansi keperilakuan yang dipublikasilkan berkembang dengan cepat. Jurnal yang terkenal dan memfokuskan pada akuntansi keperilakuan adalah “Accounting, Organization, and Society” yang muncul sejak tahun 1976. Dan jurnal yang diterbitkan oleh  American Accounting Association berjudul “Behavioral Research in Accounting”   (Penelitian tingkah laku dalam akunting)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar